Soal Orientasi PPPK 2024: Apa yang Harus Di Pelajari?

Soal Orientasi PPPK 2024-Menghadapi seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2024 tentunya memerlukan persiapan yang matang. Salah satu komponen penting dalam proses seleksi ini adalah soal orientasi yang akan diujikan kepada calon peserta. Soal orientasi ini bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta dalam beradaptasi dengan lingkungan kerja pemerintahan dan memahami peraturan serta tugas-tugas yang akan dihadapi.

Artikel ini akan menguraikan secara detail apa saja yang harus dipelajari dalam menghadapi soal orientasi PPPK 2024, sehingga kamu bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik. Informasi ini juga diperoleh dari berbagai sumber terbaru yang relevan untuk membantu kamu dalam proses persiapan.

Kisi-Kisi Soal PPPK

Soal Orientasi PPPK 2024

Mengacu pada Keputusan KemenPANRB Nomor 347 Tahun 2024, proses seleksi PPPK 2024 meliputi seleksi administrasi dan seleksi kompetensi. Seleksi administrasi adalah proses verifikasi dokumen yang diunggah oleh pelamar di portal SSCASN BKN untuk memastikan kesesuaian dengan persyaratan yang telah ditetapkan.

1. Kompetensi Teknis

Tujuan dari penilaian ini adalah untuk mengevaluasi penguasaan pengetahuan, keterampilan, serta sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan, yang secara khusus berkaitan dengan bidang teknis suatu jabatan.

2. Kompetensi Manajerial

Bertujuan untuk menilai komitmen, kemampuan, dan perilaku individu dalam berorganisasi yang dapat diamati dan diukur, meliputi kompetensi:

  • Integritas;
  • Kerja sama;
  • Komunikasi;
  • Orientasi pada hasil;
  • Pelayanan publik;
  • Pengembangan diri dan orang lain;
  • Mengelola perusahaan; dan
  • Pengambilan keputusan.
3. Kompetensi Sosial Kultural

Bertujuan untuk menilai pengetahuan dan sikap terkait pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk yang memiliki keberagaman dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi, dan jabatan, dalam peran pemangku jabatan sebagai perekat bangsa yang memiliki:

  • Kepekaan terhadap keberagaman;
  • Kemampuan berhubungan sosial;
  • Kepekaan terhadap pentingnya persatuan; dan
  • Empati.
4. Wawancara

Materi wawancara dengan menggali informasi non kognitif yang bertujuan untuk menilai integritas dan moralitas meliputi beberapa aspek, yaitu kejujuran, komitmen, keadilan, etika, dan kepatuhan.

Aturan Waktu Seleksi Kompetensi PPPK 2024

Baca juga: UU PPPK 2024: Perubahan Penting yang Harus Kamu Ketahui!

Berikut adalah ketentuan waktu untuk pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK 2024:

Seleksi kompetensi yang mencakup aspek teknis, manajerial, dan sosial kultural berlangsung selama 120 menit. Sementara itu, wawancara dilakukan dalam durasi 10 menit.

Khusus bagi pelamar disabilitas sensorik netra:

  • Seleksi kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural berlangsung selama 150 menit.
  • Wawancara memiliki durasi 15 menit.

Contoh Soal MOOC PPPK 2024

1. Salah satu usaha untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa dalam masyarakat yang majemuk dapat dilakukan dengan cara ….

a. Menggalakan hubungan dagang dengan daerah lain

b. mengadakan pertukaran kebudayaan dengan negara lain

c. membentuk organisasi sesama warga daerah

d. menjalankan program transmigrasi dan pembaharuan

Jawaban: B

2. Berikut adalah kriteria pengukuran implementasi dari Total Quality Management, kecuali:

a. Penerapan secara menyeluruh

b. Desentralisasi yang memberikan wewenang di semua tingkat

c. Kualitas produk barang dan jasa

d. Kesadaran dan orientasi mutu

Jawaban: C

3. Berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan PBB, terdapat sejumlah prinsip kunci dan strategi untuk inovasi dalam tubuh pemerintahan, kecuali:

a. Memanfaatkan kemitraan

b. Mengitegrasikan layanan

c. Desentralisasi pelayanan

d. Mengoptimalkan sumberdaya

Jawaban: D

4. Dalam rangka mencapai tujuan nasional, diperlukan aparatur sipil negara yang mampu:

A. Menjalankan roda pemerintahan

B. Melaksanakan kewenangannya

C. Menunaikan hak dan kewajibannya

D. Mengimplementasikan nilai-nilai berakhlak

Jawaban: D

5. Yang manakah di antara panduan perilaku berikut yang merupakan kode etik dari nilai berorientasi pelayanan:

A. Menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan instansi, dan negara

B. Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas

C. Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan

D. Melakukan perubahan tiada henti

Jawaban: D.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top