Informasi PPPK 2023 – Rahasia Dibalik Informasi PPPK 2023 yang Wajib Diketahui

Informasi PPPK 2023 – Calon pelamar PPPK dihebohkan oleh beredarnya informasi tentang pengangkatan langsung tanpa proses tes. Informasi ini terdapat dalam beberapa surat edaran yang diduga menggunakan nama pejabat dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Hal ini memicu respons cepat dari BKN.

Haryomo Dwi Putranto, sebagai Pelaksana Tugas Kepala BKN, dalam siaran pers pada Kamis (19/10), menegaskan bahwa para pelamar PPPK 2023 harus berhati-hati terhadap kemungkinan penipuan yang menjanjikan kelulusan tanpa proses seleksi yang sah. Haryomo menambahkan bahwa BKN telah menemukan beberapa surat palsu yang berkaitan dengan pengangkatan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

BKN telah menginformasikan mengenai surat-surat palsu ini kepada publik melalui media sosial resmi mereka. Haryomo mengimbau agar pelamar tidak tergoda oleh tawaran menjadi ASN, baik sebagai PNS maupun PPPK, yang ditawarkan secara instan oleh oknum yang mengatasnamakan instansi pemerintah dengan imbalan sejumlah uang.

Menurut Haryomo, tindakan penipuan semacam ini sering terjadi karena masih ada individu yang, meskipun mengetahui tindakan tersebut ilegal, tetap memilih untuk menggunakan jasa oknum tersebut dengan harapan pasti diangkat menjadi ASN tanpa melalui proses seleksi resmi.

Dia menekankan bahwa pelamar yang terlibat dalam transaksi dengan oknum untuk pengangkatan instan sebagai ASN dengan memberikan uang tertentu, berarti telah berpartisipasi dalam tindakan kriminal. Pelaku dan oknum yang terlibat dapat dikenakan sanksi pidana. Dalam penanganan kasus semacam ini, BKN bekerja sama dengan pihak berwajib.

Haryomo juga mengingatkan bahwa semua tahapan seleksi PPPK terbuka untuk umum, bisa dipantau bersama, dan tidak memerlukan biaya tertentu. Pemerintah, melalui Kementerian Keuangan, telah mengalokasikan dana untuk pelaksanaan seleksi CASN 2023 melalui APBN. Setiap tahapan seleksi diumumkan secara terbuka, termasuk proses ujian dengan CAT, di mana hasil setiap peserta dapat langsung dilihat. Seluruh proses ujian dengan CAT akan ditampilkan secara transparan melalui YouTube BKN atau monitor yang disediakan di lokasi ujian.

Saat ini, tahapan seleksi telah memasuki fase pengumuman hasil seleksi administrasi, diikuti dengan masa sanggah. Pelamar diberi waktu tiga hari untuk mengajukan sanggahan setelah menerima hasil seleksi administrasi, dan instansi memiliki waktu lima hari kerja (19 – 23 Oktober 2023) untuk merespon sanggahan tersebut.

Join Grup Belajar Gratis PPPK 2023 Sekarang Juga!! Klik Tombol dibawah ini yah!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top